Jumat, 01 Juni 2012

Tugas Kuliah Semester 6
Perancangan Arsitektur 4 "Redesain Kampus Arsitektur Undip"






Berawal dari kprihatinanku terhadap gedung kuliahku yg biasa-biasa aja, dan tidak menunjukkan sisi "kearsitektural-annya". Maka saya bermaksud untuk meredesain di tapak yang sama.

Sedangkan untuk temanya, saya mengusung "Green Architecture" ini juga sebagai jawaban dunia arsitektur terhadap isu pemananasan global. Dan kampus para arsitek ini diharap menjadi "teladan yang baik" bagi gedung2 disekitarnya.

Ide dasarnya menciptakan bangunan yg dapat "bernafas", hemat energi dan ramah lingkungan.

1. Penerapan teknologi green roof sebagai "water catcher" air hujan dan sebagi proses pendingin ruangan alami karena sinar matahari tidak diserap beton secara langsung. serta pengembanggannya berupa Sky Garden untuk arena rekreasi mahasiswa.

2. pembuatan green wall sebagai filtrasi udara pada selasar kelas dan cafetaria. serta pengaturan jarak selasar dengan ruang kelas agar sinar matahari langsung tidak masuk ke ruangan.

3. desain bidang lengkung agar penyerapan matahari oleh kulit bangunan dapat diminimalisir. serta pengembangannya berupa UV protector pada cladding sebelah barat.

4. Meminimalkan perkerasan dengan pemakaian grass block hampir di halaman dan parkiran.



karena ini kampus arsitektur, tak lupa aku menempatkan unsur filosofi kekuatan, keindahan dan kenyamanan.

Kekuatan: diperlihatkan pada ekspose struktur kolom dan balok pada fasade bangunan.

Keindahan: bentuk lengkung yang dinamis menunjukkan keluwesan seni arsitektur. sebenarnya itu metafora iseng2 dari huruf "a" yg berarti awalan dari arsitektur lho.. hehehe

dan kenyamanan (fungsional): penerapan banguan yang nyaman untuk ditempati dan ramah terhadap lingkungan.





Dalam desain ini saya juga belajar tentang fungsi sky garden, antara lain:

1. Sebagai penurun suhu bangunan, karena lapisan organisnya sangat efektif untuk menyerap sinar matahari sebelum sampai ke lapisan beton. bisa dipastikan lapisan beton akan selalu dingin. dan pemanfaatan AC bisa dikurangi atau tidak usah.

2. Sebagai water catcher, atau penangkap air hujan. Secara alamiah lapisan green roof menyerp air dan menguapkannya. Air bisa dimanfatkan tanaman ini 50-90%. Jadi menyebabkan usia beton jadi lebih awet. tahan lama 20 tahunan, karena terlindungi dari pengikasn air.

3. Sebagai perluasan Ruang Terbuka Hijau.
Dan efek panas yang kamu khawatirkan tidak perlu dirisaukan. karena panas yang kita rasakan biasanya dari pantulan aspal, paving dan beton. sedangkan green roof mampu mencegah pantulan panas tersebut.



POSTER (pas masih cupu):






0 komentar:

Posting Komentar