Jumat, 25 Mei 2012





Liburan semester menjelang Tugas Akhir saya lagi getol-getolnya belajar modelling pakai plugin Sketch-Up dan Photoshop. Memang agak telat sadarnya, kalau Photoshop bisa bantu 3D kita menjadi lebih realism -__-" | kemana saja saya dulu. Nah setelah saya mendapat pencerahan tersebut, mulailah saya menyebarkan virus ke teman-teman dan adhek angkatan, bahwa 3D tidak perlu pure sebuah 3D. Misalnya pohon yang biasanya bikin berat saat proses rendering bisa diakali dengan montage pohon di PS. Begitu juga untuk menghadirkan suasana pendukung seperti manusia, binatang dan berbagai aksesoris lainnya.


Iseng-iseng pertama saya, membuat sebuah bentukan dari spiral. Saya membayangkan sebuah rumah tawon, bukan lebah. Yang biasanya sarangnya terbuat dari tanah liat. Tapi kali ini "rumah tawon"nya terbuat dari bambu yang ditopang dengan struktur kayu. Fungsinya sendiri sebagai bangunan pengamat di taman safari.






Iseng-iseng kedua selanjutnya adalah sebuah rumah susun di antara jurang. Saya tidak punya alasan khusus membuat bentukan ini. Yang jelas saya melihat foto jurang ini, lalu saya berpikir "kira-kira bisa dibikin apa ya?" | jadi seolah saya belajar menganalisa potensi tapak. Padahal mah ini ngawur :p




Iseng-iseng ketiga, lagi seneng-senengnya buka web evolo.us. nah kira-kira bisa buat bentukan fluid dan organic pakai sketchup gak ya. bermodal beberapa plugin jadilah bangunan ini. Fungsinya sendiri mungkin sebuah perkantoran. Atau ini kantor konsultan saya kelak, di London? amin :p






Iseng-iseng keempat, saya sedang memikirkan sebuah Museum Tsunami, tapi sekaligus menjadi Hotel dan barier ombak atau pemecah gelombang. Desain bentukan kali ini mengadopsi sebuah ombak tsunami yang siap menerjang. Namun berbalik dengan ombak tsunami yang menghancurkan, Ombak kali ini justru berfungsi sebagai penghadang gelombang tsunami. Gulungan ombak tsunami akan di pecah sebelum menerjang kawasan yang dikelilingin bangunan ini.

sedangkan warna yang seperti pelangi, mengadopsi kilauan cangkang yang bisa kita temui di cangkang kerang laut.

0 komentar:

Posting Komentar